hotspot

 hotspot



LANGKAH-LANGKAH

1.masuk ke winbox,lalu klik mikrotik, lalu enter


2.klik ip,addres lalu tambahkan IP untuk wirelessnya. Karna wirelessnya tersambung di ether4 (port4), maka saya menggunakan ether4. Jika sudah kalian klik Apply lalu OK.


3.ip,dhcp client lalu tambahkan lalu edit seperti yang ada digambar

4.klik ip,hotspot,server lalu tambahkan,pilih ethernet yang akan dijadikan hotspot,disini saya menggunakan port 4

5.lalu klik next sampai muncul tulisan dns name,kalian isi namanya terserah kalian disini menggunakan smkndlanggu.net,jangan lupa untuk tambahkan .net


6.next lagi sampai pada halaman yang ada digambar,isi nama dan sandi kalian


7. kalau ingin membatasi kecepatan internet,klik user profil lalu tambahkan kemudian seting seperti yang ada digambar untuk angkanya terserah kalian


8.lanjut klik user lalu tambahkan,beri nama dan sandi untuk proses login,lalu untuk profil terserah mau kalian batasi atau tidak kalau tidak langsung ok saja


9.Setelah kabel LAN nya tadi tertancap di port yang berwarna biru, kalian lepas kabel LANnya kemudian sambungkan pada Wi-Fi wireless.


10.sambungkan komputer atau laptop kalian ke wifi tp link,lalu buka chrome ketik ip tp link yaitu 192.168.0.1,lalu masukkan sandi dan nama admin123 lalu enter


11.jika sudah masuk kemenu utama tp link,klik wireless,lalu basic setting

12.lanjut ke wireless security,Disini kalian disable agar Wi-Fi pada wireless tidak muncul kata sandinya, tetapi akan login menggunakan user dan password.


13.lalu klik dhcp setting,lalu disable kan kemudian save


14.Setelah itu, tancapkan kabel LAN ke port yang berwarna orange. Agar bisa menyebarkan ip


Maka tampilan yang sebelumnya Tp-Link akan berubah menjadi Login Pages seperti ini. Kalian tinggal isi menggunakan User yang sudah ditambahkan dan Connect kan.


15.lalu kalian speed test di website speed test,klik mulai dan tunggu hasilnya seperti yang ada digambar jika kalian batasi misalnya 2mbps maka munculnya akan dibawah 2mbps seperti yang ada digambar,jika tidak maka akan keluar mbps asli dari internetnya



MENGEDIT TAMPILAN HOTSPOT

tujuan
untuk mengubah tampilan website hotspot seperti menu login,logout,dan status,agar terlihat menarik


ALAT & BAHAN
-aplikasi edit logo
-notepad
-file explorer



LANGKAH-LANGKAH
1.  winbox Buka,klik mikrotik kalian,klik files
2. cari file bernama hotspot lalu klik kanan,lalu download,taro filenya terserah kalian
3. setelah didownload buka file explorer cari file hotspot kalian,klik 2 kali setelah kalian klik muncul seperti pada gambar
4.langka berikutnya,klik kanan file html login/logout/status,klik kanan,pilih open with notepad
5. untuk file html login,edit sesuai keinginan kalian,untuk contoh,kalian ingin ganti kata kata selamat datang
gambar diatas hanyalah contoh.
masih di notepad,maka pilih teks <p class="info bt">selamat datang</p>.kalian tinggal ganti dengan teks nyang kalian ingin kan contoh:<p class="info bt">pagi kawan</p>.lalu save,akan menjadi seperti ini

6.a.jika sudah masuk ke winbox kalian,pilih files hotspot mikrotiknya lalu kalian timpa dengan file html login kalian ke mikrotik,untuk timpanya kalian klik kiri,tahan lalu tinggal timpa ke file html mikrotiknya,otomatis akan berubah
b.dan untuk yang digambar file,upload,pilih file hotspot kalian yang sudah teredit tadi dengan cara klik kiri tahan,geser ke winbox,lalu lepas,lalu akan otomatis terdownload 

7.lalu klik ip,hotspot,server profils,general,pilih bagian html directory pilih file hotspot kalian yang sudah teredit,lalu apply/ok

jika sudah maka halaman login akan berubah seperti yang kalian edit tadi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTALL MIKHMON DI XAMPP

Routing dinamis,Routing RIP

Basic konfigurasi MIKROTIK