STEP BY STEP EOIP TUNNEL π²
topologi
PenjelasanEoIP (Ethernet over IP)πππ
EoIP (Ethernet over IP) digunakan untuk membuat tunnel/jalur virtual yang menghubungkan dua jaringan melalui jaringan IP/Internet.
Cara kerja EoIP dengan membuat dua MikroTik yang berada di lokasi berbeda, misalnya MikroTik A di Surabaya dan MikroTik B di Mojokerto, seolah-olah terhubung langsung menggunakan kabel LAN, padahal sebenarnya tidak ada kabel LAN yang menghubungkan kedua lokasi tersebut. EoIP membuat tunnel virtual melalui jaringan IP/Internet, sehingga data dari MikroTik A dapat dikirim ke MikroTik B dan jaringan di kedua sisi dapat berkomunikasi seperti berada dalam satu koneksi jaringan.
EoIP bisa menggunakan IP public, terutama kalau kedua MikroTik terhubung melalui Internet. Tapi juga tidak IP public langsung. Bisa juga menggunakan IP private jika kedua MikroTik berada dalam jaringan yang sudah saling terhubung.
. FUNGSI EoIP
•Menghubungkan dua jaringan yang lokasinya berbeda.
•Menghubungkan jaringan yang membutuhkan komunikasi seperti berada dalam satu LAN.
•Dapat digunakan bersama Bridge untuk menghubungkan perangkat/jaringan di kedua lokasi.
Step by step
1. SETING EOIP TUNNEL(MEMAKAI TP LINK)
A.seting router utama
1.beri nama di interfaces
2.bukak dns lalu isi kayak gini
3.bukak dhcp server tambahkan melalui dhcp setup
4.bukak bridge lalu tambahkan seperti pada di kedua gambar
5.bukak ip addres tambahkan ip berikut
•Laptop Kantor Pusat
-Address: 192.168.10.1/24
-Interface: ether1-LAPTOP
Karna kita akan setting TP-LINK menggunakan 3 mode, yaitu static, dhcp, dan ppoe maka kita tambahkan IP untuk mode static dan dhcp. Untuk IP nya masuk ke interface eoip-tunnel1 ya.
•Static
-Address: 192.168.30.1/30
-Interface: eoip-tunnel1
•DHCP
-Address: 192.168.20.1/24
-Interface: eoip-tunnel1
Tambahkan juga IP untuk KANTOR PUSAT yang akan dikirimkan ke KANTOR CABANG
-Address: 10.10.10.1
-Interface: sfp-sfpplus12-KANTOR-CABANG
6.bukak interfaces eoip tambahkan seperti pada gambar dibawah
B.setting router cabang
1. beri nama
2. bukak interfaces eoip tambahkan seperti pada gambar
3.bukak ip addres tambahkan beberapa ip yiatu seperti pada gambar
4.bukak ip dhcp server tambahkan melalui dhcp setup
5. bukak interfaces eoip tambahkan
6.bukak ip dns isi seperti pada gambar
7. bukak ip dhcp client tambahkan
C.seting tp link
1.tekan network lalu ganti pilihan seperti pada 3 gambar yang ada di bawah pertama tama dynamic ip
2.ini untuk ppoe
3.ini untuk static
2. LANGKAH-LANGKAH SETTING EoIP
1. SETTING EOIP TUNNEL (tidak pakai tp link) tugas pertama
Disini saya akan menggunakan topologi seperti di bawah ini.
•KANTOR PUSAT (CCR2004)
1. Masuk ke settingan mikrotik Kantor Pusat (CCR2004).
2. Masuk ke System > Identity. Ubah menjadi KANTOR PUSAT.
3. Masuk ke Interface, ubah nama interface menjadi:
-ether1-1100
-sfp-sfpplus12-MODEM
4. Masuk ke IP > Address. Tambahkan:
•Pertama
-Address: 10.10.10.1/30
-Interface: ether1-1100
•Kedua
-Address: 192.168.10.1/24
-Interface: sfp-sfpplus12-MODEM
Untuk IP EoIp Tunnel ini nanti aja ya.
5. Masuk IP > DNS. Tambahkan dibagian Server:
-8.8.8.8
-1.1.1.1
6. Masuk IP > DHCP Server. Tambahkan DHCP Setup ke sfp-sfpplus12-MODEM, agar Modem dan Laptop mendapatkan IP secara otomatis.
7. Masuk ke IP > Routes. Tambahkan:
-Dst. Address: 0.0.0.0/0
-Gateway: 10.10.10.2 (IP publik Kantor Cabang)
-Check Gateway: ping
-Distance: 1
Untuk IP di bawahnya 10.10.10.2 itu nanti saja.
8. Masuk ke Interface > EoIP Tunnel. Tambahkan:
-Name: eoip-tunnel1
-Local Address: 10.10.10.1 (IP publik KANTOR PUSAT)
-Remote Address: 10.10.10.2 (IP publik KANTOR CABANG)
-Tunnel ID: 10
Oh ya, di EoIP Tunnel ini kalian juga bisa tambahkan settingan bridge. Tapi setting bridge ini opsional ya. Kalau misalnya ingin modem nya bisa mengeluarkan Internet, kalian bisa setting mode bridge. Caranya:
Masuk ke Bridge. Tambahkan name Bridge4, kemudian Apply > Ok.
Lalu masuk ke bagian Port. Disini tambahkan port ke ether1-1100 dan eoip-tunnel1 yang sudah kita setting tadi.
9. Masuk lagi ke bagian IP Address. Tambahkan IP untuk interface EoIP Tunnel dengan 192.168.12.2/24
10. Kalian juga masuk lagi ke IP Routes. Lalu tambahkan:
-Dst. Address: 0.0.0.0/0
-Gateway: 192.168.12.1 (IP dari EoIP Kantor Cabang)
-Check Gateway: ping
-Distance: 1
•KANTOR CABANG
1. Masuk ke settingan mikrotik Kantor Cabang (RB450G).
2. Masuk ke System > Identity. Ubah menjadi KANTOR CABANG.
3. Masuk ke Interface, ubah nama interface menjadi:
-ether3-RB1100
-ether4-laptop
4. Masuk ke IP > Address. Tambahkan:
•Pertama
-Address: 10.10.10.2/30
-Interface: ether3-RB1100
•Kedua
-Address: 172.16.99.1/24
-Interface: ether4-laptop
Untuk IP EoIP Tunnel ini nanti aja ya.
5. Masuk IP > DNS. Tambahkan dibagian Server:
-8.8.8.8
-1.1.1.1
6. Masuk IP > DHCP Server. Tambahkan DHCP Setup ke ether4-laptop, agar Laptop mendapatkan IP secara otomatis.
7. Masuk ke Interface > EoIP Tunnel. Tambahkan:
-Name: eoip-tunnel1
-Local Address: 10.10.10.2 (IP publik KANTOR CABANG)
-Remote Address: 10.10.10.1 (IP publik KANTOR PUSAT)
-Tunnel ID: 10
8. Masuk ke Bridge. Tambahkan name Bridge1, kemudian Apply > Ok. Lalu masuk ke bagian Port. Tambahkan port ke ether4-laptop dan eoip-tunnel1 yang sudah kita setting tadi. Ini opsional ya, boleh pakai bridge atau tidak. Tergantung kebutuhan saja.
9. Masuk lagi ke bagian IP Address. Tambahkan IP untuk interface EoIP Tunnel dengan 192.168.12.1
10. Kalian juga masuk lagi ke IP Routes. Lalu tambahkan:
-Dst. Address: 192.168.10.0/24
-Gateway: 192.168.12.1 (IP dari EoIP Kantor Pusat)
-Check Gateway: ping
-Distance: 1
Komentar
Posting Komentar